Cara Mengitung KARKAS Hewan Qurban











Assalamualaikum Wr Wb,

Bagaimana kabar saudaraku semua, semoga dalam keadaan sehat wal afiat, selalu dalam keberkahan dan Lindungan Allah SWT, aamiin ya Robbal amalamiin.
Saat ini sudah memasuki akhir bulan Dzulqoidah yang artinya akan memasuki awal bulan yang Agung yaitu bulan Dzulhijjah dimana dalam bulan ini ada hari raya yang Agung yaitu Hari Raya Idul Adha atau sebagian orang menyebutnya Hari Raya Hajji atau Hari Raya Qurban, Karena pada bulan yang Haram ( Suci ) ini ada satu Rukun Islam yang ditunaikan secara serentak dan dalam satu tempat yaitu di Mekah tepatnya di Padang Arafah. Juga bagi yang tidak menjalankan Haji sangat dianjurkan untuk menyembelih hewan Qurban baik berupa Sapi, Kambing, Kerbau ataupun Unta.

Di negeri kita yang kita cintai ini umumnya Kambing/Domba , Sapi dan Kerbau yang dijadikan sebagai hewan Qurban. Qurban disyariatkan oleh Allah SWT di dalam Al Quran Surat Al Kautsar ayat 2 berikut :



Maka dari itu  bagi yang mampu dianjurkan untuk menyembelih hewan Qurbannya, baik dilakukan oleh sendiri ataupun oleh Panitia di Mushola atau Masjid di lingkungannya masing-masing. Jika kebetulan kita sebagai panitia Qurban di tempat kita berada ada baiknya kita mengetahui Kualitas hewan Qurban dan juga bisa menghitung Karkas atau berat daging Murni, sehingga ketika dibagikan tidak meleset jauh dari perkiraan awalnya, berikut perhitungannya :


Dari seekor sapi

Berat misal : 350 kg

Maka berat Karkasnya = 50% dari Berat hidupnya = 175 kg

Berat daging= 70% dari berat karkas = 122,5 kg atau
35% dari Berat Hidup = 122,5 kg

Berat Jeroan 10% dari berat karkas = 17,5  kg atau 5% dari Berat Hidup.

Berat kaki sebanyak 4 kaki rata2 dagingnya 4,5 kg
Berat kepala 4% dari Berat Hidup= 14.5 kg per ekor

Berat ekor = 0,7% dari Berat Hidup = 2,45 kg

Seekor sapi akan mampu menghasilkan karkas sekitar 45% – 55% dari berat hidup, sedangkan domba akan menghasilkan karkas sebesarr 40% – 45%. Jika kita membeli seekor sapi dengan berat badan 400 kg, maka akan memperoleh karkas sekitar 180 – 220 kg. Dari karkas seberat ini, akan dihasilkan daging tanpa tulang (boneless) sekitar  75 % dari berat karkas atau sekitar 135 – 165 kg. Daging yang dihasilkan ini belum termasuk jeroan,kaki dan kepala.

Demikian bisa diadopsi di daerah saudaraku sekalian, akan tetapi hitungan itu tidak 100% dipastikan benar, karena ada beberapa faktor yang berpengaruh, diantaranya jika membeli Sapi atau Kerbau nya jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban, maka pengurusan hewannya mulai dari memberi makan dan merawatnya akan berdampak pada bobot hewan Qurban tersebut.
Semoga bermanfaat, terima kasih.

Komentar