Niat Kuat untuk Bisa Ibadah Umrah adalah Modal Utama selain Uang


Berdoa di Depan Ka'bah ( Copy right Google.inc )

Assalamualaikum, Wr Wb.

Mungkin Saudaraku sekalian sering mendengar ungkapan " Uang bukan segalanya, tapi tanpa uang segalanya jadi susah ". Finansial adalah penopang kita dalam menjalankan keseharian, baik untuk pribadi, sosial bahkan Ibadah ( Agama ), tanpa finansial yang sehat maka untuk menjalani rutinitas harian bisa terganggu. Maka tepatlah bahwa Khalifah Umar Ibn Khattab RA mengungkapkan " Kefakiran akan menyebabkan Kekafiran ". Bagi sebagian dari saudara kita yang kondisi finansialnya tidak bagus akan memilih berbagai cara agar bisa memenuhi kebutuhannya itu, bisa dengan cara yang Haq ( sesuai syariat ) ataupun yang Bathil ( menyalahi syariat ). Untuk itu kita sebagai muslim yang baik dituntut untuk bekerja keras mencapai tangga-tangga kesuksesan baik secara duniawi ( finansial dan sebagainya ) maupun Ukhrowi ( ibadah Mahdah maupun Ghoiru Mahdah). Karena ketika kita ikhtiar ( berusaha ) memenuhi kebutuhan hidup kita dan keluarga itu sudah merupakan Ibadah.

Dalam suatu ikhtiar ( Ibadah dan lainnya ) Niat memegang peranan penting, agar ketika kita melaksanakannya terjamin selamat dunia dan akhirat . Maka Tajdidun Niat ( Memperbaiki niat ) itu penting, ketika kita kerja kita Niatkan untuk menafkahi ( Ibadah Nafaqoh ) buat keluarga kita InsyaAllah akan bernilai ibadah. Begitupun ketika kita ingin menunaikan Rukun-rukun dalam ibadah kita atau sunnah - sunnahNya Allah SWT.

Saat ini salah satu Contoh ibadah yang mengeluarkan Mal ( Harta benda ) adalah suatu hal yang berat, karena apa kita sudah terdrive atau terdoktrin hidup Hedonis, dimana segala sesuatu dinilai dengan materi , tapi materi itu hanya disalurkan untuk memenuhi kebutuhan Jasmani saja ( hampir sebagian besar ) tanpa mendahulukan kebutuhan rohaninya ( misal untuk ibadah berupa Zakat, Shodaqoh, Haji dan Umrah ). Sehingga masih terasa berat ketika ibadah yang mengeluarkan harta bendanya, berbanding terbalik dengan untuk memenuhi kebutuhan hawa nafsu Jasmaninya mereka tanpa berat hati mengeluarkan harta bendanya dengan maksimal.

Lantas bagaimana mereka yang sudah kuat keinginan ( Niat ) nya untuk menunaikan ibadah yang berhubungan dengan harta Benda ( Uang ) akan tetapi terbatas finansial ?. Ibadah terutama Haji atau Umrah atau semisalnya yang mengeluarkan harta benda butuh usaha Ekstra dari ibadah lainnya, butuh planning dan program yang matang. Yang pada dasarnya Panggilan ( Hidayah ) Allah pula lah yang menentukan terlaksana atau tidaknya ibadah tersebut, tapi ketika kita bersungguh-sungguh untuk melaksanakan ibadah tersebut, InsyaAllah Allah akan kasih kemudahan dan jalan buat kita. Maka Modal utamanya adalah kuatkan Niat kita dan eksekusi dengan sungguh-sungguh, bisa dengan jauh-jauh hari menabung ( membuat program tabungan ) baik secara pribadi maupun jamaah, baik disimpan di lembaga perbankan, Koperasi maupun di tabungan pribadi.

Semoga Allah SWT Meluruskan dan Meluluskan Niat kita untuk bisa beribadah di RumahNYA dan diberikan kekuatan serta kesehatan juga Istiqomah dalam memegang dan menjalankan Risalah AgamaNya yang mulia ini. Aamiin.


Mustopa,

Serang 21 Maret 2019

Marekting Manager PT. Rahma Raya Internusa
Contact & WA 081906124007


Komentar