Pot, Solusi Praktis Percantik Rumah Mungil



shutterstock
Pot memang praktis dan bisa dikreasikan kapan pun Anda mau. Jika butuh suasana baru, Anda hanya perlu menata ulang tanaman pot itu.

KOMPAS.com - Lahan terbatas bukan alasan untuk tidak bisa menghadirkan kehijauan di rumah Anda. Di teras misalnya, tanaman dalam pot bisa menjadi solusi untuk mempercantik rumah mungil Anda.Pot memang praktis dan bisa dikreasikan kapan pun Anda mau. Jika butuh suasana baru, Anda hanya perlu menata ulang tanaman pot itu, baik dengan cara digantung atau disusun bertingkat sehingga kehadirannya lebih memikat.Beruntungnya, saat ini desain pot tanaman sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan tampilan interior dan eksterior rumah Anda. Pot dari bahan semen, tanah liat, keramik, dan lain-lain. Selain itu, jenis tanaman pun tak kalah variatifnya untuk dijadikan pilihan.
Untuk memulainya, ada beberapa pertimbangan sederhana sebelum Anda memilih jenis tanaman pot Anda, yaitu:
- Pertimbangan luas area
Pada jendela rumah, misalnya, bisa dipercantik dengan meletakkan beberapa pot tanaman di bagian sisinya. Karena areanya mungil, Anda pun membutuhkan tanaman yang juga mungil.
Tanaman bunga bisa menjadi salah satu alternatif. Hanya, Anda diharapkan lebih rajin memangkasnya atau memindahkannya ke pot lain agar tampilannya tetap rapi. Apabila luas area masih cukup besar, Anda bisa menggunakan jenis tanaman lainnya, seperti daun sirih ataupun dengan tanaman buah.
- Pertimbangan gaya hidup
Pilih tanaman yang sesuai iklim udara maupun gaya hidup Anda. Jika Anda termasuk orang yang sering bepergian dan memiliki kesibukan tinggi, sebaiknya memilih tanaman tropis seperti kaktus. Tanaman jenis ini hanya membutuhkan sedikit air. Bentuknya juga beragam dengan warna-warni cantik untuk mendukung tampilan interior rumah.
Jenis tanaman sansevieria atau lidah mertua juga bisa jadi pilihan. Tanaman ini juga tahan dalam kondisi sedikit air. Tanaman seperti lidah mertua memiliki banyak penggemar dan sering ditemui di rumah-rumah. Selain mudah dirawat, warna sanseveria amat memikat dengan bentuk runcingnya, sehingga cocok menjadi penghias di rumah bergaya modern dan minimalis. (ADT)

Komentar