Langsung ke konten utama

KPR Syariah Makin Diminati


Jumat, 20 Januari 2012 | 20:58

Seorang petugas menghitung uang pecahan Rp 100 ribu yang akan ditukarkan, di Bank Indonesia Medan, Sumut,. FOTO ANTARA/Septianda Perdana
Seorang petugas menghitung uang pecahan Rp 100 ribu yang akan ditukarkan, di Bank Indonesia Medan, Sumut,. FOTO ANTARA/Septianda Perdana
BI juga mendorong bank syariah masuk lebih banyak ke pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan Kredit Usaha  Rakyat (KUR).

Meskipun lebih mahal dari segi "bunga", KPR syariah dinilai lebih menguntungkan dibandingkan KPR konvensional. 

Salah satu produk perbankan syariah ini cukup tinggi permintaannya dan hingga kini kecenderungannya tengah meningkat.

Direktur Direktorat Perbankan Syariah BI, Mulya Effendi Siregar menilai, hal itu terjadi karena konsep cicilan dengan margin tetap, sehingga menarik bagi nasabah.
 
"Banyak pegawai tetap yang menerima gaji tetap setiap bulan. Kendati margin KPR syariah memang sedikit lebih mahal dibanding bunga KPR  bank konvensional, trennya selalu tetap. Sedangkan pendapatan selalu naik setiap tahun," kata Mulya, kepada wartawan di Gedung BI, Jakarta, hari ini.
 
Namun, BI juga mendorong bank syariah masuk lebih banyak ke pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan Kredit Usaha  Rakyat (KUR). Pasalnya, kata dia, pembiayaan jenis tersebut lebih jelas menyasar nasabah skala menengah dan kecil. 
 
Berdasarkan rencana bisnis bank (RBB) bank-bank syariah yang telah diserahkan belakangan ini, pada umumnya pembiayaan akan difokuskan ke  UMKM. 

"Secara keseluruhan, UMKM menyumbang sekitar 70 persen dari  total pembiayaan. Namun, mungkin ini harus kita lihat lagi, sebab ada  perubahan definisi UMKM, yang sebelumnya berdasarkan plafon, sekarang  berdasarkan besaran usaha," jelas Mulya.
http://www.beritasatu.com/ekonomi/27163-kpr-syariah-makin-diminati.html

Komentar

  1. Mohon Infonya pak.sya berada di kota Medan..dan ingin sekali mengembangkan usaha saya yg sudah berjalan 7 tahun.alamat saya dan usaha saya di Jl medan Batang Kuis simpang Pasar 9 no 3.Hp 081265284565..mohon infonya dimana saya bisa mendapatkan Pinjaman KUK tsb..trima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar