LOWONGAN PNS DI YOGYAKARTA 2013


Sejak tahun 2010 hingga 2012, DIY tidak menerima CPNS, akibatnya banyak posisi kosong karena pensiun.
Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013 sebanyak 1.074.

“Sejak tahun 2010 hingga 2012, DIY tidak menerima CPNS, akibatnya banyak posisi kosong karena pensiun,” kata Kepala Badan Kepegawaian (BKD) DIY, Agus Suprianto di Yogyakarta, Selasa (8/1).
Dia mengatakan, pengajuan ini disesuaikan dengan kekurangan PNS di lingkup Pemda DIY, terutama pada jajaran fungsional tenaga kesehatan dan pendidik.
Menurut dia, besarnya kebutuhan PNS mengingat usia yang pensiun juga signifikan, yakni 400 orang per tahun. Namun, sampai saat ini pengajuan ini belum mendapat respon dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
“Prioritas kebutuhan memang untuk posisi fungsional, seperti tenaga kesahatan dan guru yang dimungkinkan memiliki porsi banyak. Pemerintah pusat juga menyarankan jika pegawai fungsional lebih besar,” terangnya.
Meski demikian, pihaknya menyadari jumlah yang akan disetujui pemerintah pusat tidak akan lebih dari 50 orang. Sebab sesuai perhitungan, besaran jumlah CPNS hanya di kisaran 1.000 orang dibagi seluruh provinsi dan kabupaten/kota yang ada di Indonesia.
Dikatakannya, jumlah PNS Pemda DIY saat ini mencapai 7.300 orang dengan jumlah pegawai struktural sekitar 5.000 lebih. Sementara, secara ideal, jumlah PNS DIY adalah sekitar 8.000 PNS dengan porsi staf fungsional diperbanyak.
Menurutnya, selama dua tahun pelaksanaan moratorium (pembatasan) penerimaan CPNS, banyak PNS yang harus menangani dua bidang pekerjaan. Bahkan yang tidak sesuai dengan kompetensinya. (beritsatu)

Komentar